10 Makanan penurun kolesterol yang baik dan mudah didapat disekitar kita

Makanan Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol pada darah dapat diukur dengan tes darah sederhana. Sampel darah tersebut nantinya akan di gunakan untuk melihat tingkat kolesterol total, kolesterol baik (HDL) dan Kolesterol jahat (LDL). Jika anda saat ini sedang mempunyai gejala ataupun penyakit kolesterol, alangkah baiknya mulai sekarang bisa mengubah pola makan anda. Kalau terlalu sering memakan makanan yang banyak kolesterol, kini saatnya anda mengubah makanan yang anda konsumsi saat ini ke makanan penurun kolesterol yang alami.

Mengapa demikian? Karena kolesterol sendiri juga merupakan lemak yang dapat ditemukan di dalam darah yang dibutuhkan sel tubuh. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol juga didapat dari makanan kita sehari-hari. Kemampuan makanan penurun kolesterol dalam tubuh kita juga tidak sama. Makanan yang mengandung serat mampu mengikat kolesterol dalam pencernaan dan mencegahnya masuk sirkulasi darah. Ada juga makanan penurun kolesterol yang mampu menurunkan tingkat LDL secara langsung berkat kandungan lemak yang sedikit didalamnya.

Jika anda sudah mengkonsumi makanan penurun kolesterol, alangkah baiknya membatasi makanan apa saja yang mengakibatkan kolesterol kembali tinggi. Jadi menjaga kadar kolesterol baik anda tetap stabil. Seperti makan berikut ini yang umum sekali kita makan sehari-hari bisa anda batasi dalam mengkonsumsinya.

a. Daging berlemak

Daging menganduk lemak yang sangat tinggi, daging yang dimaksud seperti daging unggas dan ikan. Batasilah konsumsi daging tersebut hanya 2 porsi (140gr) perhari dan pilihlah yang bebas lemak dan tanpa kulit khususnya daging ayam. Bagaimana kalau daging sapi? Daging sapi bisa anda konsumsi dan tidak mempengaruhi kolesterol, tergantung olahan dagingnya juga. Karena sapi hanya hewan yang konsumsinya rumput setiap harinya.

b. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang sangat sering kita jumpai jadi sayang juga jika kita menghindari makanan ini. tapi, tetap konsumsilah dengan tidak berlebihan agar koleserol tetap stabil.

Itu tadi adalah makanan yang boleh dimakan tapi tetap harus dimakan dalam batasan sewajarnya, nah sekarang makanan penurun kolesterol yang harus anda konsumsi jika anda saat ini sedang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, seperti berikut ini.

1. Sayur Bayam

Hijauan ini berisi zat lutein yang berguna untuk kesehatan mata. Selain tersebut bayam juga bermanfaat sebagai pelindung kesehatan jantung dan mengayomi jantung dari lemak yang terdapat pada pembuluh darah. Bayam adalah sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam dapat dimasak sebagai sup, atau diciptakan juice. Dianjurkan santap semangkuk sup bayam atau segelas juice masing-masing hari, di samping menjadi makanan penurun kolesterol, bayam pun dipercaya menjadi makanan penurun darah tinggi juga.

2. Beras Merah

Beras merah berisi Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah pun akan menolong menurunkan gula darah. selain itu beras merah juga menjadi salah satu solusi untuk anda yang ingin melakukan diet menurunkan berat badan anda.

3. Kacang – kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) mempunyai kandungan asam lemak yang baik guna pembuluh darah dan menjadikan makanan menurunkan kolesterol. Kacang panjang sangat berisi tidak sedikit serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dalam makanan. Jenis kacang-kacangan (seperti kacang Mede, kacang Walnut, kacang Hazelnut) kaya Vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hati-hati jika dalam mengkonsumsinya tidak boleh makan kacang-kacangan yang telah diberi  garam dan gula. Konsumsi jenis kacang-kacangan secara tertata akan menurunkan kadar kolestrol.

4. Kedelai

Kedelai dan olahan lainnya misalnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai adalah makanan penurun kolesterol yang ampuh. Kedelai berisi isoflavin yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) supaya tidak berkembang. Makanan berbahan kedelai sebaiknya tidak dimasak dengan minyak biasa, ganti dengan minyak zaitun.

5. Sayur Buncis

Buncis ialah sayuran rendah lemak dan merupakan sumber karbohidrat yang diperlukan penderita diabetes atau resistensi insulin. Juice buncis selama satu gelas masing-masing hari akan menolong menurunkan LDL (Kolesterol Jahat) dan trigleserida.

6. Ikan Salmon

Ikan Salmon menjadi makanan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, Ikan Salmon berisi EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan Jantung. Agar kolesterol tidak bertambah hindari memasak ikan salmon ini dengan minyak, pakai oven atau pembakaran untuk meminimalisir pemakaian minyak. Ikan Salmon mempunyai omega-3 guna menurunkan desakan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL). Ikan Salmon dapat dikonsumsi dalam format masakan selama 2 porsi dalam seminggu.

7. Buah Alpukat

Alpukat menjadi salah satu makanan penurun kolesterol, buah ini mempunyai jenis lemak yang menolong meningkatkan kadar kolesterol (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat berisi beta-sitosterol sejenis lemak nabati, fungsinya meminimalisir jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat dapat dibuat seperti juice sebab selain tidak sedikit kandungan lemak baik laksana asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan menambah kolesterol baik.

8. Tomat

Salah satu makanan penurun kolesterol yang banyak ditemui disekitar kita adalah tomat. Tomat ialah sumber likopen yang akan meminimalisir kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat dapat dimakan segar, dibuat minuman juice, atau dimakan dalam format sup. Tomat pun merupakan makanan yang bisa dimakan oleh penderita maag kronis dan sangat baik dalam menyembuhkannya.

9. Buah Apel

Buah apel juga tidak kalah penting dalam berperan menjadi makanan penurun kolesterol. Apel mempunyai zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol buatan kolesterol. Buah yang memiliki manfaat dan khasiat sama yang dapat dimakan bareng kulitnya seperti apel dan pir. Sumber serat larut yang menurunkan kolesterol mencegah arteri mengeras serta mengayomi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Apel dapat dibuat cuka apel. Cuka apel dapat menambah sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. Konsumsi cuka apel secara rutin bakal menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan penambahan kolesterol baik (HDL). Apel merupakan buah yang dapat di konsumsi penderita diabetes juga atau salah satu solusi cara untuk menurunkan diabetes yang baik.

10. Buah Anggur

Buah anggur juga menjadi salah satu makanan penurun kolesterol. Anggur ini mempunyai senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk penurunan kolestrol, menangkal penggumpalan darah dan mencegah kerusakan dampak masuknya radikal bebas. Buah ini berisi tidak sedikit serat dan mempunyai zat catechin yang bisa menurunkan kolesterol.

Itulah beberapa makanan dan buah-buahan yang banyak ditemukan di sekitar kita, jadi anda tidak perlu susah payah mencari makanan penurun kolesterol tersebut. Makan secara teratur dan disiplin, periksakan diri anda secara berkala ke dokter untuk mengetahui perkembangan kolesterol yang anda alami. jika tingkat kolesterol kembali turun, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi minuman yang beralkohol ataupun makanan yang meningkatkan kolesterol serta hindari kebiasaan merokok anda mulai dari sekarang.

Kenapa sih kolesterol itu perlu dijaga? Karena kolesterol itu juga sangat berperan penting dalam tubuh kita, terutamma kolesterol baik, fungsinya yaitu untuk membangun dinding sel dan membuat hormon dalam tubuh kita. Selain itu kolesterol juga salah satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D. jadi tetap jaga ya kadar kolesterol anda, dengan cara makan makanan penurun kolesterol, obat-obatan herbal, dan merubah pola hidup sehat.

Bagikan informasi ini kesemua orang terdekat anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *